Tips Menambah Kosakata Bahasa Asing

Sebenarnya apa sih rahasianya bisa berbahasa asing? Simpel kok jawabannya, praktekkan dengan nekat sesering mungkin. Nah, untuk bisa praktek, kita butuh banyak perbendaharaan kosakata. Yah, cobalah buat program harian atau mingguan untuk menambah kosakata secara rutin.

Ada cara gampang kok, untuk menambah kosakata. Namun langkah yang ana sarankan berikut memang agak nyleneh, mungkin antum ada yang nggak suka, tapi simak ajalah dulu ya…

Libatkan seluruh anggota keluarga dalam program menambah kosakata ini. Sehingga anak-anak, zaujah, dan otomatis kita sendiri kelak lambat laun akan jadi pandai berbahasa asing, insya Allah.

Sediakanlah spidol permanen dan kamus bahasa asing. Kemudian gunakan spidol tersebut untuk menulis kata-kata asing beserta terjemahnya langsung pada benda-benda yang berhubungan dengan makna kata-kata yang kita tulis tadi. Misalnya kata mirwahatun yang berarti kipas angin, maka tulislah “mirwahatun (tulisan arab) : kipas angin” langsung pada body kipas angin di rumah kita. Begitulah caranya, lakukan terus, sehingga semua benda di sekitar kita (rumah dan sekitarnya) penuh dengan coretan-coretan bahasa asing. Jangan biarkan tembok rumah antum kosong ya, tulisi aja. Nikmatilah aktifitas ini, bukankah antum gemar coret-coret?

Kalau ingin sedikit rapi, belilah kertas stiker polos ukuran folio atau kuarto atau ukuran apa saja terserah. Tulislah di kertas striker itu kata-kata asingnya dengan ukuran sesuai selera, kemudian gunting yang rapi, selanjutnya tempelkan pada bendanya. Lakukan terus, sehingga lingkungan kita penuh dengan stiker-stiker buatan sendiri, hik hik hik.

Bisa juga antum beli tripleks whiteboard, pasang di dinding, tulislah kata-kata asing yang perlu dihapal di whiteboard tersebut, tentunya menggunakan spidol boardmarker / non permanen. Antum juga bisa siapkan alat penghapusnya.

Kalau ingin lebih indah, buatlah daftar kata asing beserta artinya pada selembar kertas ukuran bebas, kemudian ditaruh dalam pigura kaca, pasang di tempat yang sesuai. Kalau suatu saat ingin menambah kosakata lagi, bisa saja dengan cara mengganti daftar lama diganti dengan daftar baru dengan pigura yang sama (pigura tidak diganti), atau dengan cara membuat yang baru lagi semuanya yaitu piguranya juga baru.

Tapi jangan lupa, tidak cukup hanya membuat tulisan, namun kita setiap melihat benda yang sudah kita tulisi atau melihat catatan-catatan kita tersebut, baca tulisannya, kemudian diingat-ingat. Insya Allah deh, capat hapal. Kalau belum hapal benar, sebaiknya jangan menambah kata-kata yang baru dulu.

Ajak anak-anak ikut menghapal ya, bisa buat main tebak-tebakan. Atau zaujah lebih serunya ikut terlibat.

Pos ini dipublikasikan di Tips & Trik dan tag , , , , . Tandai permalink.

Silakan Komentar dengan Sopan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s