Tips Mengatasi Duri Ikan Tersangkut

Anak-anak sangat suka makan ikan, tapi ketika durinya nyangkut di kerongkongan bisa bikin pusing orang tua. Jangankan anak-anak, kita pun yang sudah dewasa jika mengalaminya pasti bingung juga kan?

Jika suatu saat baru asyik-asyiknya makan dengan lauk pauk ikan tapi tiba-tiba durinya nyangkut di kerongkongan, maka kita jangan buru-buru panik. Tenang dan santaikan si korban, agar durinya tidak menusuk-nusuk dinding kerongkongan.

Segera cari cottonbud dan pinset, pastikan dalam kondisi bersih. Si korban diminta untuk menganga atau buka mulut lebar-lebar, kemudian gunakan cottonbud untuk mencari lokasi duri. Setelah ketemu, gunakan pinset untuk mengambil durinya.

Jika tidak tersedia pinset, bikinlah sendiri pinset menggunakan pipa cottonbud dan benang nilon, yang kita rangkai sedemikian rupa sehingga menjadi alat penjepit. Cara merangkai bagaimana? Hilangkan kapas pada cottonbud, ambil pipanya, masukkan benang nilon yang dilipat menjadi dua, sehingga benang tersebut muncul di ujung satunya dari pipa cottonbud, nah, duri ikannya kita kait, atau kita jepit pakai benang nilon pada ujung pipa itu.

Beberapa benda di sekitar kita bisa juga untuk menggantikan pinset, namun harus ekstra hati-hati menggunakannya, misalnya alat pencabut rambut, gunting, tang elektonika, dan lain-lain, pilih salah satu. Hii, ngeri ya alat-alatnya, tapi kalau kondisi darurat bagaimana lagi. Sebelum menggunakan pastikan dulu alatnya bersih dan tidak berkarat. Namun ana tidak menyarankan menggunakan alat-alat itu, kalau nekat tentunya resiko ditanggung sendiri.

Jika yang menjadi korban diri kita sendiri, tidak ada orang lain, maka manfaatkan kaca cermin untuk melihat ke dalam mulut lokasi di mana duri ikan berada.

Baik, demikian tips dari ana, moga manfaat.

Pos ini dipublikasikan di Tips & Trik dan tag , , . Tandai permalink.

Silakan Komentar dengan Sopan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s